Langsung ke konten utama

Pengertian Repeater,Bridge dan Network Interface card (NIC)



Repeater 
adalah alat jaringan kpmputer yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal yang berasal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat Repeater harus ada 2 (dua) alat, yaitu untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) & untuk menyebarkan lagi sinyal WIFI (accespoint), atau bisa juga sebagai alat penguat sinyal.
Fungsi Repeater diantaranya:
  • Untuk mengover daerah-daerah yang sinyanlnya lemah dari Server (pemancar).
  • Untuk memperjauh jangkauan sinyal dari Server (pemancar).
  • Untuk mempermudah akses sinyal WIFI yang berasal dari Server. 








Bridge 
adalah sebuah komponen jaringan komputer yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan ataupun membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan-lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat dipakai untuk menggabungkan 2 (dua) buah media jaringan yang berbeda, seperti misalnya antara media kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair) dengan kabel serat optic/dua buah arsitektur jaringan yang berbeda.
Fungsi Bridge diantaranya:
  • Bridge berfungsi sebagai pembagi sebuah jaringan sehingga menjadi dua buah jaringan. Bridge dapat mengatur informasi diantara kedua sisi network agar bisa berjalan dengan teratur.





NIC 
adalah singkatan dari Network Interface Card yaitu sebuah kartu yang fungsinya sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerja NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
Fungsi NIC diantaranya:
  • Sebagai media yang pengirimkan data ke komputer yang lain di dalam jaringan.
  • Mengontrol data flow diantara komputer & sistem kabel.
  • Sebagai penenerima data yang dikirim dari komputer/PC lain lewat kabel & menerjemahkannya ke dalam bit yang bisa dimengerti oleh komputer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

 LTM 1 ARSITEKTUR KOMPUTER  1. Semua hal yang berkaitan dengan unit- unit   operasional dan interkoneksinya   disebut dengan :   Organisasi Komputer  2.   Semua hal yang berkaitan dengan atribut-atribut sebuah system yang tampak bagi   seorang pemogram di sebut dengan :  Arsitektur Komputer 3. Sebutkan contoh contoh dari organisasi computer :     signal-signal control interface komputer dan pheriperal   dan   teknologi memori yang digunakan 4. Teknik pengalamatan memori termasuk dalam contoh :           Atribut Arsitektural 5. Yang termasuk dalam struktur komputer adalah :     CPU,MAIN MEMORY      INPUT OUTPUT I/O   SYSTEM INTERCONECTIONS 6. Sebutkan ciri dari komputer ENIAC : Berat 30 ton, volume 15000 kaki persegi, berisi lebih dari 18000 tabung vakum, membutuhkan daya 140 KW, melakukan operasi penambahan 5000 operas...
PERTEMUAN III : INTERNAL MEMORI 01. Kapasitas memori di ukur dengan ukuran :  Byte   02. Memori diorganisasikan menjadi record, adalah pengertian dari akses data secara :  sequensial access 03. Setiap blok dan record memiliki alamat-alamat yang unik berdasarkan lokasi fisik, adalah pengertian dari akses secara :   direct acces 04. Sebuah word di cari berdasarkan pada isinya  bukan pada alamatnya, adalah pengertian dari akses secara :  assocoative acces   05. Waktu yang di butuhkan untuk melakukan operasi W/R disebut dengan:  access time 06. Waktu rata-rata untuk R/W N bit adalah :  transfer rate Tn = Ta + N/R 07. Yang termasuk jenis memory volatile adalah :  RAM (Random Access Memory) 08. Pemetaan yang mempunyai kelemahan tidak dapat menyimpan secara bersamaan apabila dua buah word mempunyai index yang sama dan tag yang berbeda, disebut pemetaan :  pemetaan langsung 09. Operasi refresh dapat di lakukan secara parallel den...

RPL PERTEMUAN 1

 TUGAS PERTEMUAN 1  1. Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak" pada slide  2. Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak aplikasi" pada slide  3. Sebutkan tugas/fungsi secara detail stakeholder dalam RPL pada slide  4. Jelaskan 4 kegiatan proses PL pada slide   5. Sebutkan mitos-mitos lain (minimal 3) dalam PL selain mitos-mitos yang ada di slide  Jawaban :  1. Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "kategori perangkat lunak" pada slide a. PL Kecerdasan Buatan (AI) yaitu, Microsoft Pix Camera, Artomaton, Siri (Apple). b. PL Aplikasi (Application Software) yaitu, Microsoft Word, Microsoft Excel, dan MYOB c. PL Aplikasi (Web/Mobile Software) yaitu, Ebay Website, Gmail, dan Yahoo.  2. Sebutkan contoh-contoh aplikasi (minimal 3) yang termasuk ke dalam setiap "jenis perangkat lunak aplikas...